Category: WISATA GOA

Blusukan dengan teman banyak itu ada asyiknya ada juga ada “trenyuhnya”. Ini terjadi pada sabtu yang lalu (16 Maret 2013) ketika kami komunitas motret hore Gunungkidul Photography (GP) berencana caving ke Goa Senen. Goa Senen berada di Padukuhan Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

DSC_0040

Goa Pari dan Goa Bening terletak di Jl. Wonosari-Nglipar Km. 5, berada di Padukuhan Duwetrejo, Karangtengah, Wonosari.

Goa Pari menurut cerita rakyat, dulu pada tahun 1816 ada seorang bernama Eyang Kerti Suto yang menemukan Goa Pari. Goa tersebut berada ditengah hutan belantara dan merupakan daerah yang keramat / angker. Eyang Kerti Suto yang sakti bermaksud untuk menggunakan goa tersebut, maka terjadilah negosiasi Eyang Kerti Suto dengan penunggu goa (jin). Konon akhirnya Eyang Kerti Suto diijinkan untuk menggunakan goa tersebut. Akhirnya goa tersebut diginakan oleh warga sekitar sebagai lumbung pangan mayoritas padi atau dalam bahasa jawa padi : pari. makanya nama goa tersebut dinamakan Goa Pari. Goa Pari memiliki kedalaman 5 meter, dengan lebar 8 meter dan panjang 115 meter. (more…)


Goa Sriti berada di Padukuhan Karangmojo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Berada di sebelah utara kota Wonosari berjarak sekitar 8km. Goa Sriti merupakan wahana petualangan baru di Gunungkidul. Kekayaan alam kabupaten Gunungkidul memang tak pernah habis untuk dinikmati. Wahana petualangan di Goa Sriti termasuk petualangan ekstrem. Wahana ini Goa Sriti cocok bagi anda yang hoby caving, goa Sriti termasuk jenis goa basah, karena didalamnya mengalir sungai. Goa Sriti merupakan goa bawah tanah dengan kedalaman 10 meter dan panjang goa sekitar 100 meter dengan waktu tempuh sekitar 1jam. Pada saat di dalam goa pengunjung memang harus memiliki stamina dan mental yang kuat, karena beberapa daerah air cukup tinggi dengan tebing atas yang rendah. Pada area sekitar tengah goa jalan menyempit sehingga hanya mampu dilewati satu orag saja, kalau orangnya gemuk pasti kesulitan masuk.
(more…)

Gunungkidul menyimpan sejuta pesona goa. Takkan selesai satu bulan untuk mengeksplorasi goa-goa yang ada di Gunungkidul. Hampir 500 goa yang ada di Gunungkidul, baik berupa goa horinzontal, goa vertikal dengan kondisi goa basah dan kering.
Eksplorasi goa minggu ini (8 April 2012) di lembah Mulo, Wonosari, Gunungkidul. Lokasi yang sangat strategis berada dipinggir jalan raya Wonosari-Tepus memudahkan pencarian lembah Mulo. Tim kali ini berjumlah 15 orang (Hery Fosil, Depri, Mbah Dadi, Nia, Najib, Dani, Fifin, Tommy, Pekik, Mas Aziz, Danang, 2 muridnya mbah dadi dan 3 cewek temene mas Aziz lupa namanya. hehehehe). Ada beberapa goa di lembah Mulo yang cukup mengundang rasa penasaran saya untuk mengeksplorasi goa tersebut.
(more…)

Desa Wisata Mojo, terletak di Padukuhan Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul. Berjarak sekitar 8 Km dari kota Wonosari arah timur. Desa Wisata Mojo sebagai icon utamanya adalah kerajinan Ukir batu. Jika kita masuk ke wilayah Padukuhan Mojo khususnya disepanjang jalan akan banyak kita jumpai usaha ukir batu ataupun rumah-rumah cantik dengan ornamen batu-batu putih.

Selain ukir batu, yang juga menarik di Desa Wisata Mojo adalah petualangan caving dibeberapa goa yang masih alami. Diantaranya Goa Gesing, Goa Jlamprong dan Goa Sinden. Masing-masing punya keunikan berbeda.Yang sama dari ketiga goa ini merupakan goa bawah tanah. Petualangan kali ini dimulai sore hari. Rasanya tak akan seru caving tanpa ada teman, nah kali ini saya dan beberapa teman Karsta Gupala akan menjajal caving 3 Goa sekaligus. pilihan waktunya sore hari. Mulailah kami menyusuri suasana pedesaan Mojo untuk menuju Goa Gesing sebagai start caving hari ini.

Petualangan kali ini kami ditemani Mas Wawan Gendut, (more…)

Esok pagi yang cerah, mengawali petualangan ini. Ketika udara segar masih bisa kami hirup.
Perjalanan kali ini adalah berencana menikmati indahnya goa bawah tanah yang memiliki
stalagtit dan stalagmit yang begitu menawan. Bergegaslah kami serombongan
menuju Gelaran Bejiharjo, Karangmojo yang letaknya kurang lebih 7Km
berada di utara kota Wonosari. Goa Pindul yang akan kami nikmati
bersama alunan aliran sungai bawah tanah, biasa teman-teman kami
menyebutnya cave tubing. Perjalanan kali ini begitu indah, cuaca yang begitu cerah,
air sungai gedong yang begitu jernih membiru sudah menanti kami. ReadMore
(more…)